Cara Menghitung Jam Menit Detik


ads by google
Cara Menghitung Jam Menit Detik - sekarang kita akan belajar cara menghitung jam beserta dengan menit dan detiknya. seperti kita ketahui bahwa jam adalah suatu benda yang menunjukkan waktu. tanpa jam maka kita tidak akan tau waktu sekarang dan waktu yang akan berjalan.
Apalagi jika Anda sedang berjalan-jalan atau tour keliling, ataupun juga ketika bersantai di Rumah. Maka Pemahaman jam dan pengaturan waktu sangat diperlukan.
Baiklah tanpa basa-basi lagi kita akan mengetahui penjelasan cara menghitung jam menit detik pada jam.

Cara Menghitung Jam Menit Detik

Pada jam dinding atau jam tangan, Anda akan melihat ada banyak nomor (biasanya sampai angka 12 di atas) dan tiga anak panah, yang biasanya disebut juga dengan jarum jam. nah berikut ini penjelasan dari jenis jarum jam.

Jenis-jenis Jarum Jam

Cara Menghitung Jam Menit Detik : jarum jam
Img by: wikihow.com
  1. Jarum Detik: yaitu jarum sangat tipis dan bergerak dengan sangat cepat, lebih panjang). Jarum ini disebut jarum detik. Setiap kali jarum ini bergerak, maka satu detik telah berlalu.
  2. Jarum panjang: yaitu Jarum menit, bentuknya seperti jarum detik tapi lebih tipis. Setiap kali jarum ini bergerak sedikit, satu menit telah berlalu. Setiap 60 kali jarum ini bergerak, maka satu jam telah berlalu.
  3. Jarum Pendek: yaitu jarum menentukan jam. jarum ini juga tebal tetapi lebih pendek daripada jarum panjang. Jarum ini disebut jarum pendek. Setiap kali jarum ini bergerak dalam satu langkah besar, satu jam telah berlalu. Setiap 24 kali jarum ini bergerak, maka satu hari telah berlalu.
Baca Juga: Dauroh Hafal Quran.

Cara Menghitung Jam

Cara menghitung jam menit detik. Pada gambar di atas tadi lihat angka yang ditunjukkan oleh jarum pendek (jarum yang kecil dan tebal). Angka ini akan menunjukkan pukul pada suatu hari. Jarum pendek selalu menunjuk kepada angka-angka yang besar pada sebuah jam. pada gambar di atas, jarum pendek menunjuk angka 1, ini menunjukkan bahwa sekarang jam 1.
Baca: Cara Menghitung Jam Menit Detik

Cara Menghitung Menit

Cara menghitung jam menit detik. Pada gambar di atas tadi lihat angka yang ditunjukkan oleh jarum panjang. Angka ini akan menunjukkan menit pada suatu jam. Jarum panjang selalu menunjuk kepada garis-garis kecil yang ada di belakang angka-angka yang besar pada sebuah jam. jika angka 12 ke 1 berarti terhitung 5 menit, atau 12 ke 2 terhitung 10 menit atau 12 ke 6 maka terhitung 30 menit. begitu seterusnya sampai ke 12. jika jarum panjang berada pada 12 pas maka terhitung 60 menit dan dalam jam terhitung 0 kecuali lewat 1 garis maka terhitung lagi 1 menit.

pada gambar di atas, jarum panjang menunjuk angka 12, ini menunjukkan bahwa sekarang jam 1 pas (jika dihitung menitnya maka dibilang jam 1 lewat 60 menit, tetapi dalam aturan menit 60 dihitung 0 maka apabila jarum panjang tepat di 12 maka jam akan dihitung pas, contoh jam 1 pas).
Baca Juga: Jual Karpet Mobil.

Cara Menghitung Detik

Cara menghitung jam menit detik. Pada gambar di atas tadi lihat angka yang ditunjukkan oleh jarum detik. Angka ini akan menunjukkan detik pada suatu jam. Jarum detik juga selalu menunjuk kepada garis-garis kecil yang ada di belakang angka-angka yang besar pada sebuah jam. jika angka 12 ke 1 berarti terhitung 5 detik, atau 12 ke 2 terhitung 10 detik atau 12 ke 6 maka terhitung 30 detik. begitu seterusnya sampai ke 12. jika jarum panjang berada pada 12 pas maka terhitung 60 detik dan dalam jam terhitung 0 kecuali lewat 1 garis maka terhitung lagi 1 detik. pada gambar di atas, jarum detik menunjuk angka 2, ini menunjukkan bahwa sekarang lewat 10 detik. 

Maka bacaan jam di atas adalah jam 1 pas, kalau mau sebut detiknya maka sebut saja 10 detik.

Contoh lagi:

Cara Menghitung Jam 5
Img by wikihow.com
Sering kali, jarum pendek akan menunjuk di antara dua angka. Saat ini terjadi, pukul pada suatu hari selalu berada pada angka yang lebih rendah. Jadi pada gambar di atas, jika jarum pendek menunjuk di antara angka 5 dan 6 pada jam, berarti saat ini pukul 5 lebih, karena 5 adalah angka yang lebih rendah. sedangkan jarum panjang menunjuk ke menit 46 dan jarum detik menunjuk ke 10 detik. maka jam 05:46:10 dibaca pukul 5 lewat 46 menit, atau kalau mau baca detiknya juga maka silahkan baca pukul 5 lewat 46 menit lewat 10 detik. nah itu dia Cara menghitung jam menit detik pada jam.

Ingin Buat Sumur Bor di Rumah Anda? Pelajari disini: Sumur Bor Jakarta.

Sekarang saya akan beri Soal mengenai Cara menghitung jam menit detik, berikut gambarnya:
jam 6
img by: wikihow.com
Dan silahkan jawab dari pertanyaan berikut pada komentar di bawah, jam berapakah pada gambar di atas? (jawab di komentar jika anda tau)..................

Menuliskan Tanda Waktu

Nah, sekarang kita akan Cara menghitung jam menit detik tentang cara menuliskan tanda waktu. Berikut ini cara mengetahui tanda waktu:

1. Tanda waktu 12 jam

Tanda waktu 12 jam melibatkan keterangan pagi, siang, sore atau malam. Contohnya pukul 06.00 pagi, pukul 12.00 siang, pukul 05.00 sore, pukul 12.00 malam. Untuk membaca jam, perhatikan jarum jamnya. Pada jam analog ada tiga buah jarum jam yaitu jarum penunjuk jam (jarum pendek), jarum penunjuk menit (jarum panjang), dan jarum penunjuk detik. 
  • Jika jarum panjang menunjuk angka 12, jam menunjukkan angka tepat.
  • Jika jarum jam menunjukkan angka selain 12, angka yang ditunjukkan dikali dengan 5 yang merupakan menit kelebihannya

2. Tanda waktu 24 jam

Satu hari ada 24 jam. Jika menggunakan notasi 24 jam maka tidak perlu lagi menggunakan keterangan waktu pagi, siang, sore, atau malam. Contohnya: 

1. Pukul satu siang maka ditulis 13.00 
2. Pukul tiga sore ditulis 15.00 
3. Pukul sembilan malam ditulis 21.00 
4. Pukul dua belas malam ditulis 24.00 
5. Pukul sepuluh malam ditulis 22.00

Operasi Hitung Satuan Waktu

1. Hubungan antar satuan waktu

Hubungan jam, menit, dan detik 
1 hari    = 24 jam 
1 jam    = 60 menit 
1 menit = 60 detik 
1 jam    = 3.600 detik

2. Operasi Hitung dengan Satuan Waktu

Menjumlahkan dan mengurangkan tanda waktu harus sesuai dengan tanda waktu yang akan di hitung misalnya angka yang menunjukan jam dioperasikan dengan jam pula, begitu pula dengan menit dan detik. Perhatikan contoh berikut : 
  • 2 jam 6 menit + 4 jam 3 menit = … 
Jawab : 
2 jam 6 menit 
4 jam 3 menit  
___________+ 
6 jam 9 menit
  • 7 jam 16 menit 7 detik + 1 jam 49 menit 35 detik = … 
Jawab : 
7 jam 16 menit  7 detik 
1 jam 49 menit 35 detik 
___________________+ 
8 jam 65 menit  7 detik 

karena 65 menit = 60 menit + 5 menit = 1 jam 5 menit maka : 
8 jam 65 menit  7 detik ditulis 9 jam 5 menit 7 detik.
Baca Juga: Cara Melepas Rantai Jam Tangan

Dan selesai, cukup sekian kali ini mengenai Cara Menghitung Jam Menit Detik, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang ingin belajar Cara Menghitung Jam Menit Detik. terima kasih. Baca Lebih Lanjut: Cara Renovasi Rumah dan Tour Travel Mantap.

ads by google

1 Response to "Cara Menghitung Jam Menit Detik"

Dilarang Berkomentar Spam, Berkata-Kata Kasar, Atau Semacamnya. Jika Artikel ini Bermanfaat, Mohon di Share atau Dibagikan Kepada Teman-Teman Lainnya.

Label