Cara Melihat Jam Tangan Asli atau Palsu


ads by google
Cara Melihat Jam Tangan Asli atau Palsu - Jam tangan ASPAL (asli apa palsu) memang kadang sulit dibedakan.

Jam Jenis Q&Q misalkan, sangat banyak oknum-oknum yang menjual jam KW alias jam palsu yang mirip dengan jam aslinya.

Tapi tenang saja kali ini saya akan membagikan bagaimana cara melihat jam tangan asli atau palsu sehingga anda terhindar dari penipuan jam tangan.
Cara Melihat Jam Tangan Asli atau Palsu
Img by 7jamtangan.blogspot.com

Cara Melihat Jam Tangan Asli atau Palsu

Jam tangan asli atau palsu (ASPAL) saat ini dapat dengan mudah ditemui di toko-toko arloji. Kualitasnya pun beragam, dari yang jelek sampai yang menyerupai dengan aslinya. 

Biasanya penjual akan menginformasikan kepada calon pembeli kalau produk tersebut asli atau palsu. Namun, ada juga penjual yang tidak jujur dan menjual dengan harga asli padahal arloji-nya tidak original.

Nah inilah cara melihat jam tangan asli atau palsu yang saya akan beritahukan kepada Anda di bawah ini:

1. Poin Pertama: Perhatikan Bobot atau Berat

Berat jam memang beda-beda, tapi kadang kita juga bisa membedakan mana jam tangan asli atau palsu melihat dari beratnya.

Kebanyakan jam tangan Palsu lebih ringan dari jam tangan Asli, ini dikarenakan komponennya di dalam mesin tidak se-spesifik dibanding jam tangan Asli.

Sebelum membeli kita juga harus tau berapa gram berat jam tersebut pada spesifikasinya. 

Tapi walaupun begitu berat jam tangan bukan lah sebuah indikator mutlak kalau jam original atau tidak kenapa. Karena ukuran berat atau ringan tiap orang tentunya berbeda-beda.

Belum tentu setiap orang sama merasakan bahwa jam itu berat atau ringan. yang pastinya kalau Anda melihat jam tangan dengan merek terkenal lantas bobotnya sangat ringan dari biasanya maka dapat dipastikan Jam Tersebut KW.

Apalagi kalau terlampau ringan. jadi harap hati-hati dan memperhatikan cara melihat jam tangan asli atau palsu dengan teliti.

2. Poin kedua: bentuk fisiknya

Bentuk fisik dari jam tangan KW atau palsu bisa dibedakan. dalam poin kedua mengenai cara melihat jam tangan asli atau palsu ini harus mengetahui bentuk fisiknya.

Casing atau badan jam tangan asli akan terlihat halus dan semua tulisan yang tercetak maupun terukir akan terlihat rapi. 

Namun apabila Anda membeli sebuah jam tangan dengan merk terkenal namun saat dipegang, badan jam terasa kasar dan tulisannya tidak rapi, maka kemungkinan besar produk tersebut adalah palsu

Contohnya saja jam tangan Q&Q, apabila Anda melihat nomor atau angka penunjukan Jamnya dan terlihat retak-retak atau kasar maka dapat dipastikan itu jam Palsu.

Contoh gambar dari jayajam.com

Jam tangan q&q

Kemudian coba anda bandingkan bagaimana tampilan jam tangan Asli seperti pada gambar di bawah ini.
img by www.jayajam.com
Jadi Anda harus memperhatikan cara melihat jam tangan asli atau palsu pada poin ini.

3. Poin Ketiga: Perhatikan Tulisan Mereknya

Pada poin ketiga cara melihat jam tangan asli atau palsu, Anda harus memperhatikan tulisan pada merek yang tertera.

Contohnya saja jam Swiss Army, jam tangan asli swiss army bertuliskan "VICTORINOX SWISS ARMY" dengan huruf kapital semua dan ada tambahan kata VICTORINOX. sedangkan jam KW hanya bertuliskan "SWISS ARMY".

Kemudia Casio, hati-hati jam KW yang bertuliskan mirip dengan Casio dan semacamnya.

4. Poin Keempat: Cek Nomor Seri  atau Barcode

Pada poin keempat cara melihat jam tangan asli atau palsu maka Anda harus mengecek nomor seri atau barcode.

Setiap Jam tangan ori selalu memiliki kode Barcode yang bisa kita cari secara online di google, Kalau misalkan jam tangan Q&Q KW kode yang mereka gunakan adalah asal kode dan tak bisa di cek. 

Serupa halnya dengan Jam tangan CASIO original sama memiliki barcode yang bisa dicek secara online, tapi kalau CASIO palsu kode yang dicantumkan asal kode dan tidak didapatkan kodenya secara online.


5. Poin Kelima: Tempat/Toko Membeli Jam

Jangan sesekali membeli jam tangan merek mewah dan mahal lewat perantara atau tangan ketiga atau toko-toko yang tak resmi. 

Artinya, untuk menjamin keaslian dan kualitas produk, belilah jam tangan di gerai resmi dan telah beroperasi dalam kurun waktu yang lama.

6. Poin Keenam: Perhatikan Sertifikat

Sertifikat merupakan aset yang membuktikan bahwa jam tangan tersebut original/asli. Hal yang sama juga berlaku untuk koleksi tas-tas mewah seperti Hermes, Louis Vuitton, dan sebagainya.

Untuk itu cara melihat jam tangan asli atau palsu pada poin keenam Anda harus meminta bukti sertifikat pada produknya di toko apakah sertifikatnya ada.

ads by google

0 Response to "Cara Melihat Jam Tangan Asli atau Palsu"

Posting Komentar

Dilarang Berkomentar Spam, Berkata-Kata Kasar, Atau Semacamnya. Jika Artikel ini Bermanfaat, Mohon di Share atau Dibagikan Kepada Teman-Teman Lainnya.

Label